Kamis, 09 Mei 2013

Ibarat Kurva PLC

Terinspirasi dari sebuah teori yang menjelaskan terkait 'The Product Lifecycle'....
Teori ini mantep banget, klo anak ekonomi pasti udah bosen dengan teori ini, siklus hidup suatu produk. Orang bisnis nih, klo mau bisnis harus mikirin juga gimana PLC nya....


Cussss....
Entah kenapa jadi kepikiran sesuatu...
Sadar ga sih, ini kayak kisah pertemuan antara dua insan #eaaaaa
Plis plis bukan galau, bukan, cuman ga sengaja terbesit di pikiran, haha


  • Introduction

Tahap Perkenalan. Ini tahap permulaan dari produk baru. Klo ibarat pertemuan, ya ini baru tahap awal. Disini orang mungkin masih malu-malu, tapi mungkin juga disini antara dua insan tersebut berlomba-lomba untuk show up. Hem klo ibarat produk disini tuh butuh promosi besar-besaran, biar produk itu tuh dikenal. Disini yang paling penting itu brand, merek. Yaa...klo manusia mungkin pencitraan kali ya..haha.


  • Growth
Tahap Pertumbuhan. Nah di tahap ini ceritanya dua insan udah saling kenal. Yah asumsinya brand udah saling tau lah ya. Mungkin ga usah banyak-banyak pencitraan. Udah saling kenal juga. Klo pun ada, mungkin pencitraannya udah ga seagresif di tahap pengenalan. Nah klo di produk, pada tahap ini tuh pesaing udah mulai memasuki pasar. 

#Beuh...udah masuk tahap apa ya? Hem mungkin masih pertumbuhan kali ya? Jadi perlu hati-hati...hhaha

  • Maturity
Tahap Kedewasaan. Beuh bisa jadi pada tahap ini udah mengalami titik jenuh. Jadi klo produk, berarti promosi harus mulai ditingkatin lagi. Yang paling penting tuh di tahap ini perlu ada inovasi. Jadi, dua insan ini perlu berinovasi, dalam bentuk apa ya? Hem pikir aja sendiri lah ya... Haha tahap maturity ini tuh emang perlu diperhatiin, biar pas ada di posisi jenuh, ga decline. Artinya tetep bertahan ga mengalami kemunduran. Haha.

  • Decline
Tahap Kemunduran. Yah intinya harus ada sesuatu yang fresh lah disini, biar ga mengalami kemunduran. Pengawasan juga penting lho disini, tapi tetep harus ada saling percaya. Haha. Yang penting pas di tahap maturity tadi, gimana caranya biar ga jenuh dan jangan sampai masuk ke tahap ini..


^^ Yoha hanya sekedar menulis apa yang ingin di tulis..
Konbanwa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar