Minggu, 18 Agustus 2013

Totto-Chan : Gadis Cilik di Jendela

Uwaaaaaaaa telat.
Oke fine. Orang biasanya bilang : mending terlambat daripada tidak sama sekali.
Oke nih buat para guru, para pendidik, pecinta anak, calon orang tua, atau siapapun itu yang senang akan dunia pendidikan WAJIB baca buku ini, fix WAJIB.

Buku karangan Tetsuko Kuroyanagi ini terbit udah lama banget dari tahun 2003. Wew, udah 10 th dan baru baca sekarang. Ini pun rekomendasi dari temen. Hahaha



Initinya Totho Chan gadis kecil yang bener-bener periang, trus dia tuh punya rasa ingin tahu yang gede banget. Sampe-sampe gurunya ngira dia itu anak nakal. Ga lama, baru aja masuk sekolah dia udah di keluarin.

Mamahnya sabar dan hebat banget. Dia ga bilang klo Totto Chan ini dikeluarin dari sekolah. Sampe akhirnya dia dimasukkan ke sekolah baru. Tomoe. Sekolah yang bangunannya ala kadarnya, berupa gerbong-gerbong kereta. Dan disinilah ada sosok pendidik hebat dari Jepang, beliau adalah pemilik sekolah ini. Namanya Mr. Kobayasi *lupa nama lengkapnya...hehe

Pokoknya sistem pendidikannya bener-bener kereeeeen. Beliau bilang setiap anak itu pada dasarnya baik, hanya saja tergantung pada lingkungan disekitarnya. Murid-murid disini gkurang lebih cuman 50 orang. Macem-macem. Ada anak yang kena polio, ada yang 'bandel', dll. Tapi beliau selalu memberikan pengaruh positif. 

Yang paling saya suka adalah bab dimana, anak yang kena Polio (Yasuaki Chan namanya : teman dekat Totto Chan), dia dapat memenangkan seluruh cabang olah raga di perlombaan. Kenapa bisa gitu? Ya iyalah, Mr. Kobayasi merancang sedemikian rupa tiap cabang lomba, agar bisa dilakukan Yasuaki dan justru agak kesulitan untuk anak normal. Trus yang bikin sedih, saat Yasuaki meninggal sebab polio nya. Bener-bener sedih. 

Yang paling sedih pas perang dunia ke-2 melanda Jepang. Sampe akhirnya sekolah ini hancur. Di ending diceritain satu persatu anak hasil didikan Tomoe Gakuen yang akhirnya berhasil dan sukses. Berkat didikannya Mr. Kobayashi. Trus ternyata di beberapa sekolah Jepang, buku ini jadi buku panduan wajib juga buat para pendidik. Kereeeen. Ini kisah nyata yang bikin saya, masuk berimajinasi jadi seorang bocah, yang ikut sekolah di Tomoe.

Punya mata, tapi tidak bisa melihat keindahan;
punya telinga, tapi tidak mendengar musik;
punya pikiran, tapi tidak memahami kebenaran;
punya hati tapi hati itu tidah pernah tergerak
dan karena itu tidak pernah terbakar.

Wajib baca. 
Trus pas nyari-nyari di internet, ternyata ada juga linknya, bisa download novelnya disini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar